Rabu, 24 Oktober 2018

Mempercantik Ornamen Rumah dengan Pencahayaan




Bagi sebagian ibu rumah tangga, mebuat suasanya nyaman dirumah adalah hal utama. Tetapi banyak ibu rumah tangga yang tidak jarang merasa rumahnya tidak perlu untuk diberikan desain tambahan seperti pencahayaan ruang, karna lahan yang sempit atau terbatas.

Padahal kita sebagai ibu rumah tangga, penting untuk mengetahui fungsi ruangan dalam rumah, sehingga tidak perlu membeli furniture bagus dan mahal tetapi cukup berkreasi melalui pencahayaan, coba perhatikan cermin yang kita pakai dears, kita bisa membuatnya terlihat berbeda hanya dengan pencahayaan buatan, atau lemari diudut ruangan, lukisan, juga tanaman baik didalam ataupun luar ruangan. 

Ide berkereasi dalam rumah dengan cara mudah, selain bisa menggunakan tanaman hidup, bisa juga dengan pencahayaan, karna dapat membuat suasana dirumah menjadi berbeda cahaya juga dapat berfungsi sebagai penerangan, menambah keindahan ruang, dan memberikan kesan hangat.

Berbagai jenis lampu bisa digunakan dalam menghias ruangan kamu, tentu saja dengan penempatan yang bisa kita sesuaikan dears.

Sebelum kamu mendesain ruangan kamu dengan menggunakan pencahayaan, baiknya hitung dahulu beban kebutuhan listrik dirumah kamu, jangan sampai tidak cukup atau overload serta dana yang mendukungnya, langkah awal kamu dapat mengitung dahulu beban kebutuhan lampu dengan bertanya pada orang yang faham mengenai mecanical & electrical (M & E).

Untuk mengetahui tujuan utama dalam tata pencahayaan kita harus memahami fungsi pencahayaan tersebut dalam setiap ruangan, serta letak yang pas dalam ornamen atau interior yang kita miliki . Cara ini bisa menjadi pertimbangan kamu dalam mendesain tata cahaya, hingga kamu bisa membuat pencahayaanya nya menjadi kreatif.

Bagaimana Cara merancang pencahayaan diruangan kamu ?

1. List Bagian ruangan yg akan menggunakan lighting


Pertimbangkan area apa saja yang bisa kamu desain menggunakan cahaya, kemudian padukan dengan interior didalamnya, gunakan pencahayaan berdasarkan fungsional. Kamu bisa membuatnya pada cermin, meja & kursi, juga lemari.


2. Perhatikan pencahayaan antara ruangan yg kamu lighting dengan ruang-ruang disekitarnya.


Pertimbangkan juga pencahayaan sekitar ruangan, yang merupakan penampakan dari keseluruhan ruangan,  harus dapat menciptakan kenyamanan visual. Pencahayaan langit dan dinding juga menjadi salah satu bagian pencahayaan yang berperan didalamnya, kita bisa membuatnya lembut dengan menggunakan lampu jenis Down Light.

3. Pencahayaan pada langit-langit


Penggunaan cahaya pada langit-langit yang polos serta bersih, memungkinkan pencahayaan dapat terang maksimal, untuk meredupkannya kita bisa gunakan dekorasi lampu seperti model cincin yang menggantung, sehingga pencahayaanya tidak terlalu terang tetapi soft.

Jangan lupa tambahkan berbagai dekorasi dalam ruang kamu, sehingga kamu dapat berkreasi dengan maksimal, kamu dapat menggunakan pencahayaan juga pada lukisan atau dinding bertekstur, atau menerangi pohon dengan cahaya berwarna hijau, membuat kesan semakin hangat pada ruangan kamu.


Tulisan ini diikutsertakan dalam tantangan Blog Walking 25 okt 2018
dan ODOP day 13 


15 komentar:

  1. Keren banget idenya. Mudah-mudahan bisa diaplikasikan nanti kalau udah punya rumah sendiri. Maklum, masih ngontrak, hehehe

    BalasHapus
  2. Wow, syantik ... jadi terinspirasi. Terima kasih sharingnya, Mbak

    BalasHapus
  3. Cantik, Mbak..saya jadi inget sering nulis artikel seperti ini akhir-akhir ini di UC :D Sukaa gitu lihatnya..

    BalasHapus
  4. manteb nih ide nya.. masuk dalam list kalo nanti mau renovasi rumah ^^

    BalasHapus
  5. Wow keren nih, bisa jadi inspirasi buat nambahin lampu biar terang. Apalagi sebentar lagi musim hujan ya

    BalasHapus
  6. Nice share ... Makasih, mbak!

    BalasHapus
  7. Bermanfaat banget, moga bisa aplikasi untuk rumah suatu hari nanti.

    BalasHapus
  8. Masyaallah, bagus banget Umiii, mupeeng :( Doa yang kenceng moga cepet punya rumah sendiri trs bisa dirancang kaya gini inih :D

    BalasHapus
  9. Subhanallah... Kereeen mbak. Bismillah smg bisa punya rumah keren seperti itu. Penghuninya jadi nyaman, sehat, dan bahagia. Aamiin

    BalasHapus
  10. Ukuran ruangan dan fungsi ruangan juga harus dipertimbngkan sih mbak. Jadi nggak overdosis lighting atau justru terlalu gelap.

    Ini materi saya kuliah dulu. Hehehe

    BalasHapus
  11. Waaaaah... keren bangeeeeet...

    BalasHapus
  12. Sukakkk
    Bermanfaat bgt artikelny apalagi akutu g trlalu ngeh macam gini hahah

    BalasHapus
  13. boleh juga nih mba, Pencahayaan tambahan memberikan warna tersendiri, rumah jadi makin cantik.

    BalasHapus