Rabu, 24 Oktober 2018

4 Cara Mendidik Anak Perempuan, Kamu Harus Tau Dears





Selamat ya dears jika kamu memiliki anak perempuan 1, 2 atau bahkan lebih, Rasululloh pernah bersabda bahwa memiliki 2 anak perempuan yang ahlaknya baik, bisa mengantarkan kedua orang  tuanya menuju syurga. Kebayangkan dears, tetapi itu jika kita bisa mendidik anak perempuan kita seperti apa kata Rosululloh SAW.

Ternyata mendidik anak perempuan itu tidak mudah lo deras, sekali kakinya melangkah dan salah arah, maka didepannya adalah jurang, ya begitulah perumpamaan anak perempuan yang tidak terdidik dengan baik berdasarkan cara Islam, disini kita dapat menyimpulkan bahwa anak perempuan itu Istimewa, sebegitu istimewanya bahkan Islam telah mengatur bagaimana sebaiknya mendidik anak perempuan.

Berikut caranya yang kamu bisa terapkan :

1. Fondasi Agama yang kuat.
Imam Al Gazhali Mengatakan “ Pendidikan utama bagi anak perempuan adalah pendidikan agama”. Pendidikan Agama adalah pondasi  utama pendidikan keluarga seperti : Aqidah, Mengenalkan hukum halal haram, mengenalkan anak untuk beribadah (shalat)sedari dini (7 tahun), mengajarkan anak untuk mencinta Rosululloh, keluarganya, orang-orang yang shaleh terdahulu, dan mengajarkan anak membaca dan mengenal Al-Quran
Dan yang terjadi sekarang adalah justru sebaliknya, banyak orang tua yang resah, manakala anak tidak bisa Matematika, Bahasa Inggris, atau IPA, namun mereka tenang-tenang saja ketika anaknya tidak bisa membaca Al-Quran, tak mengerti adab dan hukum Islam.

2. Menutup Aurat
Membiasakan anak wanita menutup auratnya sedari kecil, dan apabila telah dewasa maka anak akan terbiasa dengan pakaian muslimahnya. Dan jika tidak dibiasakan sedari dini maka anak tidak akan terbiasa dengan pakaian muslimah sebagai identitasnya, sementara di sekelilingnya banyak orang yg tidak mengenakan busana muslimah.

3. Senang melakukan pekerjaan rumah
Latih anak perempuan untuk senantiasa membantu pekerjaan ibunya di rumah, mulai dari pekerjaan yang sederhana seperti ikut memasak, menyiangi sayuran, mengepel, menyapu, bersih-bersih rumah, dsb.
Berikan pemahaman pada anak, bahwa seperti apapun kesibukannya kelak, melakukan pekerjaan rumah tangga di rumah adalah termasuk ibadah.

4. Memelihara diri dan penampilan
Ajak anak perempuan untuk senantiasa rajin membersihkan dan merapihkan diri, seperti rajin menjaga kebersihan rambutnya yang tertutup hijab, memotong kuku agar tidak terlihat panjang serta bersih, mandi besar setelah haid, senantiasa menjaga kebersihan tubuh dari najis agar ibadahnya selalu terjaga .
Ajarkan anak perempuan agar tidak tabaruj yaitu dandan yang mencolok, sehingga membuat tertarik lawan jenis.


Tulisan ini diikut sertakan dalam tantangan estrilook One Day One Blog 
#Day 11






Tidak ada komentar:

Posting Komentar